Tugas Analisa Studi Kasus Chapter 7 - Psikologi Komunikator dan Psikologi Pesan

SOAL!

Seperti contoh berita yang terlampir di atas, sudah kita ketahui bahwa kasus COVID-19 di sebagian besar negara di dunia, termasuk negara Indonesia. Selain tantangan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19, adapun hambatan lain yang juga perlu dihadapi dan di tangani secara serius oleh pemerintah maupun masyarakat, yaitu perihal infodemik Covid-19. Infodemik ini merupakan suatu fenomena yang mengarah pada banyaknya informasi berlebih terkait Covid-19, dimana hal ini bisa mempengaruhi pada pemahaman, keyakinan, serta keputusan masyarakat yang keliru dalam menanggulangi fenomena pandemik Covid-19. Seperti yang sudah terlampir di atas pada berita media online voaindonesia.com, dan kompas.com, maka mahasiswa perlu melakukan observasi serta wawancara mendalam terkait fenomena pada studi kasus di atas. Setelah itu, mahasiswa di minta untuk melakukan analisa berdasarkan riset dan data yang valid, dan juga mengaitkan materi Psikologi Komunikasi pada chapter 7 – Psikologi Komunikator dan Psikologi Pesan. Berikut pertanyaannya:

Lakukan indepth interview terhadap 2 orang yang termasuk generasi baby boomers, adapun ketentuannya:

  1. Jabarkan secara jelas karakteristik dari generasi baby boomers dan generasi x pada informan yang Anda pilih!
  2. Jabarkan secara jelas gabungan generasi yang telah disebutkan di no.a dengan total gabungan keduanya sebanyak 3 kriteria infoman yang sudah Anda pilih!
  3. Jabarkan secara jelas hasil indepth interview untuk mengetahui bagaimana cara pandang mereka (informan) terhadap kondisi saat ini, dan bagaimana mereka menyikapi suatu berita dengan komposisi jumlah berita yang tidak terhitung dan berpotensi bahwa berita tersebut merupakan berita hoax mengenai pandemi Covid-19?
  4. Selanjutnya dari hasil indepth interview tersebut, dengan wajib mengaitkan Psikologi Komunikator dam Psikologi Pesan.