Topic outline
- General
- Topic 1
Topic 1
PENGENALAN PERENCANAAN MEDIA
Menjelaskan definisi perencanaan media, pengertian media, fungsi media, jenis2 media, saluran media (media channel), classes of media
Sub Topik :
1. Definisi
2. Fungsi Media Dalam periklanan
3. Kelompok Media Iklan (Media Cetak, Media Elektronik, Media Luar Ruang)
4. Classes of Media (Offline Media – Tradisional & Non tradisional, and Online media)
5. Medium vs Vehicle
- Topic 2
Topic 2
PERENCANAAN MEDIA DALAM KONTEKS MARKETING
membahas media perencanaan sebagai
bagian dari kebutuhan marketing dan promotion
Sub Topik :
1. Needs and Wants (kebutuhan dan keinginan)
2. Penjualan versus Pemasaran
3. Perbedaan dan hubungan antara Sales dan Marketing
4. Elemen dalam Marketing Plan
5. Proses perencanaan media
6. Pentingnya media brief
7. Cakupan dalam sebuah media brief (communication brief)
8. Analisa data media untuk memahami market
- Topic 3
Topic 3
MEMAHAMI AUDIENS (UNDERSTANDING AUDIENCE)
Membahas mengenai perilaku target audiens yang dihubungkan kepada produk yang akan melakukan kampanye iklan
Sub Topik :
1. Customers versus Consumers
2. Target Market versus Target audience
3. Primary versus Secondary target Audience
4. Segmentasi Target Market (Demographic, Geographic, Psychographic, Behavioral)
5. Consumer Decision process
6. Purchase decision
- Topic 4
Topic 4
MEMAHAMI MEDIA (UNDERSTANDING MEDIA)
Membahas perkembangan Media di Indonesia, konvensional media dan disrupsi digital, media promosi iklan, karakteristik Media
Sub Topik :
1. Indonesia Media Landscape
2. Konglomerasi Media di Indonesia
3. Revolutionized Media
4. Conventional media and digital disruption
5. Media Promosi Iklan (ATL, BTL, TTL)
6. Karakteristik Media (kelebihan dan kelemahan masing2 media) - Topic 5
Topic 5
BASIC MEASUREMENTS AND CALCULATIONS
Menjelaskan Media Terminologi, Pengukuran Dasar dan Perhitungan Media
Sub Topik :
1. Media Terminologi (Target Audience, Universe, TVR, GRPs, Reach, Audience Share)
2. Perhitungan Rating TV di Indonesia - Topic 6
Topic 6
ADVANCED MEASUREMENTS AND CALCULATIONS
Menjelaskan lanjutan dari Media Terminology, Pengukuran Media dan Perhitungan nya
Sub Topik :
1. Media Terminologi lanjutan (Duplication, composition, TV Indeks, Average Frequency, Effective Reach, Effective Frequency, CPRP, CPM)
2. Jargon Media
- Topic 7
Topic 7
MEASUREMENT & CALCULAITON on PRINT & RADIO
Menjelaskan pengukuran dasar dan perhitungan media untuk Media Cetak (Surat Kabar, Majalah, Tabloid), dan Radio
Sub Topik :
1. Media Cetak
- Istilah dalam Print (Oplah, Circulation, Retur, Readership)
- Perhitungan Harga Iklan Media Cetak
- Perhitungan efisiensi : CPM & CPC
2. Radio
- Listenership
- Time Spent Listening
- Perhitungan Harga Iklan Radio
- Topic 8
Topic 8
DEVELOPING MEDIA PLAN (1)
MEDIA PLANNING PROCESS
Menjelaskan mengenai proses didalam pembuatan perencanaan stratejik media
dalam kampanye iklan sebuah produk
Sub Topik :
1. Konsep Perencanaan Strategik Media (Definisi dan Pengertian)
2. Tahapan dalam Proses Perencanaan Stratejik Media (Identifikasi Target
market secara kualitatif (Media touch & 5W+1H) dan kuantitatif - Topic 9
Topic 9
DEVELOPING MEDIA PLAN (2) ANALYSIS SITUATION
memberikan gambaran tentang pentingnya melakukan analisa situasi suatu produk untuk membuat perencanaan stratejik media
Sub Topik :
1. Sejarah Pasar (Market Historical)
2. Saluran DIstribusi (channel Distribution) – Perhitungan CDI & BDI
3. Target Market – 5W+1H
4. Produk – SWOT
5. Iklan dan Media analisis
- Topic 10
Topic 10
DEVELOPING MEDIA PLAN (3)
MEDIA OBJECTIVE & STRATEGY
Membahas mengenai bagaimana membangun rencana media dengan mempelajari media objektif dan media strategi
Sub Topik :
1. Menentukan Media Objective
2. Mengembangkan Strategi Media
- Topic 11
Topic 11
DEVELOPING MEDIA PLAN (4)
REACH & FREQUENCY
Membahas mengenai penetapan dan perhitungan Reach dan Frequency sebagai salah satu alat ukur untuk tujuan media didalam perencanaan media
1. Menetapkan Reach
2. Analisa Frekuensi melalui OSTROW model (Market factors, message factors, & media factors) - Topic 12
Topic 12
DEVELOPING MEDIA PLAN (5)
MEDIA CAMPAIGN OUTLINE
Membahas mengenai pembuatan media campaign outline dalam kampanye iklan sebuah produk
Sub Topik :
1. Metode penempatan media (Continuity, Flighting, Pulsing)
2. Pembuatan Media Campaign Outline (TV, Print, Radio) - Topic 13
Topic 13
MEDIA BUYING PROCESS
Membahas mengenai proses dan alur kerja di bagian ‘media buying/media implementer’ di department Media (Media Agency)
Sub Topik :
1. Struktur di Media Agency
2. Alur kerja Media Implementer
3. Alur kerja media plan
4. Alur kerja Media Implementation brief
5. Proses pembuatan media scheduling - Topic 14
Topic 14
MEDIA BUYING PROCESS AND TV POST BUY REPORT
Membahas mengenai proses di media agensi dalam melakukan proses pembelian ‘space’ iklan di media, dan ‘post evaluation’ (Plan versus Actual)
Sub Topik :
1. Alur kerja konfirmasi order
2. Media Booking process
3. Alur kerja Monitoring Report
4. Alur Kerja Tagihan dan bukti tayang
5. Post Buy Report