Video Business Model Canvas

BMC, Business Model Canvas, adalah alat bantu untuk memetakan gambaran model bisnis yang akan kita pilih dan kembangkan. Banyak di antara kita yang membutuhkan alat bantu untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha yang sudah dijalankan, namun kadang melewatkan adanya alat bantu sederhana yang memberi gambaran lengkap dengan 9 hal yang terkait usaha.

BMC terdiri dari 9 blok yang urutannya, mulai dari mengenali 5 blok utama: Segment Customer, apa Nilai produk/jasa usaha yang mereka anggap paling penting, dan bagaimana kita menyampaikan produk/jasa melalui Saluran Distrubusi yang mana. Setelah itu, penting menjaga Hubungan baik dengan Customer (customer relations). Akhirnya dari nilai yang dinikmati customer, seberapa besar Customer bersedia membayarnya, ini akan menjadi Revenue/Pendapatan kita.

4 blok sisamya adalah terkait beban biaya: kenali Sumberdaya Utama, Aktivitas Utama, dan Mitra Utama. Dari sini akan diketahui struktur dan besarnya Biaya yang harus diperhatikan agar selaras dengan model bsnis kita.

Click https://youtu.be/uGmSQMk4yuY link to open resource.